SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar | Kompetensi sebagai hasil belajar | Materi pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber belajar |
1.1 Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik | · Menyimpulkan prinsip dan dasar klarifikasi makhluk hidup · Mengumpulkan informasi peran virus bagi manusia · Membuat kegiatan tentang virus | · Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup · Ciri -ciri virus meliputi : 1. Ciri benda mati virus 2. Ciri hidup virus · Struktur tubuh virus · Cara reproduksi virus · Peranan virus bagi manusia meliputi : 1. Peran yang menguntungkan 2. Peran yang merugikan | · Diskusi prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup · Diskusi ciri-ciri virus · Menggambar skema reproduksi virus · Mengumpulkan informasi tentang peran virus bagi manusia · Tugas membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya | · Mendeskripsikan ciri-ciri virus · Membandingkan ciri virus dan ciri hewan dan tumbuhan · Mengidentifikasi peran virus bagi manusia · Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya | · Jenis tagihan : 1. Uji kompetensi tertulis 2. Malakah · Instrumen penelitian 1. Soal uji kompetensi tertulis 2. Lembar penilaian | 2 x 45 menit | · Buku Biologinya X Slamet P Bumi Aksara Bab IV · Buku ajar lain yang relevan · Berbagai informasi tentang mikroorganisme dan penyakit yang disebbabkan oleh mikroorganisme · LKS 6 : virus dan peranannya bagi kehidupan |
| · Mendeskripsikan ciri-ciri prostita · Pengelompokan protista berdasarkan cirri-ciri dapat diamati · Mengumpulkan informasi tentang protista | · Cirri-ciri protista meliputi : 1. Protista yang mempunyai perubahan 2. Protista yang menyerupai hewan 3. Protista yang menyerupai jamur · Peran protista bagi manusia meliputi : 1. Peranan yang menguntungkan 2. Peranan yang merugikan | · Diskusi untuk mendeskripsikan cirri-ciri protista · Diskusi tentang klasifikasi protista yang diamati · Tugas mengumpulkan informasi tentang protista | · Mendeskripsikan cirri-ciri protista yang menyerupai hewan, tumbuhan dan jamur · Mengelompokkan contoh protista yang diamati · Mengidentifikasi protista yang menguntungkan dan merugikan manusia | · Jenis tagihan 1. Uji kompetensi tertulis 2. Makalah · Instrument penilaian 1. Lembar penilaian makalah 2. Soal uji kompetensi tertulis | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar